IWAN FALSS

Virgiawan listanto atau yang di kenal dengan Iwan Fals. Pasti sebagian besar orang mengenal nama ini. Penyanyi yang beraliran balada. Yang menjadi salah satu penyanyi legendaris yang ada di Indonesia.

Yapss,, Iwan Fals banyak menciptakan lagu yang menjadi suara  rakyat. Keberaniannya menciptakan lagu-lagu tersebut, terinspirasi dari suasana sosial kehidupan di Indonesia, sehingga membuat dirinya di kenal oleh masyarakat.

Oleh kesederhanaannya Iwan Fals menjadi panutan untuk para penggemarnya yang ada di seluruh Nusantara. Para penggemar fanatiknya mendirikan yayasan yang berdiri pada tanggal 16 Agustus 1999 dengan nama yayasan Orang Indonesia atau yang biasa di sebut OI. Yayasan ini mewadahi segala aktifitas yang berhubungan dengan Iwan Fals.

Iwan Fals menghabiskan masa kecilnya di Bandung. Saat dia berusia 11 tahun, dia pernah menjadi pengamen di daerah Bintaro. Katanya itu dimaksudkan untuk melatih kemampuanya dalam bermain gitar dan menciptakan musik. Waktu SMP Iwan pernah menjadi gitaris dalam paduan suara di sekolahnya.

Karena keinginannya untuk menjadi penyanyi yang besar, setelah dewasa Iwan rela menjual sepedah motornya hanya untuk modal mengadu nasib di Jakarta untuk membuat rekaman, namun waktu itu pengorbanannya sia-sia. Albumnya gagal di pasaran dan membuat dia kembali menjadi pengamen.

IWAN

Dengan kegigihannya usahanya tidak sia-sia, album Sarjana Muda ternyata banyak di minati. Dari situlah Iwan banyak mendapatkan tawaran untuk bernyanyi dan menjadi artis terkenal. Tapi, kesuksesannya tidak berjalan dengan mulus. Akibat lagu yang bertemakan sindiran terhadap pemerinatahan, jadwal konsernya banyak yang di batalkan oleh aparat pemerintah. Pasalnya menurut aparat  lirik lagu buatannya akan memicu kerusuhan. Padahal, lagu yang ditulis oleh laki-laki separuh baya ini tidak sepenuhnya menceritakan fakta sosial

Tidak ada lagi Iwan yang telanjang dada dan berambut gondrong, tidak ada lagi penampilan yang semerawut dari Iwan. Sejak anak pertamanya meninggal, Iwan’pun merubah penampilannya, dia menjadi lebih bersahaja, rambutnya terlihat sangat rapih dan selalu menggunakan kemeja yang di masukan kedalam celananya. Peranan istrinyapun menjadi sangat penting, apalagi sejak putera pertamanya tiada. Rosana menjadi menejer pribadinya Iwan Fals yang mengatur segala jadwal kegiatan dan kontrak, dan dengan adanya Iwan Fals Menejemen, Iwan Fals jauh lebih professional dalam berkarya. Sekarang tak ada yang tak mengenal Iwan Fals, seorang penyanyi legendaries yang sangat terkenal baik di dalam dan di luar negeri. Sungguh bangga Indonesia memiliki sosok seperti Iwan Fals.

Kategori: Musik