Sejarah Grup Band Metallica
Musik adalah salah satu wadah bagi kekreatifitasan orang. Musik dapat menciptakan keharmonisan dalam hidup setiap orang, tak jarang musik dapat mempersatukan cinta dua orang. Namun tak jarang juga musik membuat pertengkaran, terutama dalam pergelaran sebuah konser musik. banyak musisi dunia yang mencatatkan namanya atupun grup musiknya dalam sebuah sjarah musik. salah satu grup band yang telah mencatatkan sejarahnya di dunia musik adalah band metallica.

metallica

metallicaa

Metalilica didirikan pertama kali di Los Angeles, Ameriaka Serikat dengan nama The Young of Metal attack. Beberapa bulan setelah itu kemudian grup ini berganti nama dengan Metallica yang konon merupaakan gabungan kata Metal dan Vodca. Nama dari Metallica sendiri sebenarnya merupakan nama yang diusulkan untuk sebuah majalah musik yang dicuri oleh Lars Ulrich sebelum mejalah tersebut mendapat nama. Metallica memiliki formasi pertama dimana Lars Ulrich bermain Drum, James Hetfield sebagai vocal dan bermain gitar, Lloyd Grant memegang gitar, dan Ron Mc Govney berposisi sebagai pemain bass. Dengan formasi pertama ini, maka band Metallica berhasil melahirkan lagu pertama berjudul Hit The Light, yang kemudian masuk ke-album kompilasi rock Metal Massacre pada tahun 1981.

metalica 1981

Metallica 1981

Kekompakan band ini tidak bertahan lama karena setelah album kompilasi pertamanya beredar, Grant dan Ron akhirnya mengundurkan diri. Posisi grant digantikan oleh Dave Mustaine dan posisi Ron digantikan oleh Cliff Burton. Dengan formasi yang baru ini, metallica mengeluarkan album demo yang berjudul No Life till Leather pada bulan Juli tahun 1982.  Demo inilah yang kemudian mengantarkan metallica mendapatkan agen dan kemudian hijrah ke New York.

metallica1982

Metallica 1982

Pada tahun 1983, Metallica memiliki rencana untuk tour pendek ke beberapa kota, sayangnya, Hetfield dan Mustaine malah terlibat perseteruan hingga akhirnya Mustain keluar dan kemudian mendirikan Megadeth. Posisi mustaine yang kosong digantikan oleh Krik Hammett, gitaris dari grup Exodus. Dengan formasi metallica yang ketiga inilah kemudian mengeluarkan album dengan  judul Kill Em All pada bulan Mei 1983.

metallica1983

Metallica1983

Metallica semakin menacapkan namanya di panggung musik dunia pada tahun 1984 dengan mengeluarkan album yang berjudul Ride the Lighting. Album ini bahkan dapat bertahan selama 50 minggu dalam Billboard Top 200. Demi memantapkan eksistensinya, metallica  mengeluarkan album mini dengan judul Jump In The Fire. September 1985, Metallica memproduksi album Master Of Puppets. Dengan album ini, Metallica masuk Billboard Top 40 selama 72 minggu. Album ini merupakan salah satu album yang meraih platinum tanpa single dan video.

cllif burton

Cliff Burton

Hal yang mengejutkan dan memperihatinkan juga terjadi pada tanggal 27 September 1986 ketika Metallika mengalami kecelakan yang menyebabkan Cliff Burton meninggal dunia. Kecelakaan ini terjadi pada saat bus yang mereka tumpangi untuk melakukan perjalanan tour ke Skandinavia mengalami kecelakan tragis. Posis Cliff digantikan oleh Jason Newsted, seorang basis dari group Floatsam And Jetsam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *