Ada beberapa alat music yang mungkin  belum bita dengar bahkan lihat, yang memang alat music ini sangat unik alat music tersebut adalah;

1. Kalimba

Kalimba atau dikenal dengan piano jari merupakan alat instrumen perkusi yang lebih modern dari pada alat music Afrika yang bernama bira. Alat music ini terdiri dari sebuah kotak dengan tuts-tuts logam yang menempel di bagian atas. Setiap tuts akan memberikan nada brbeda.

 

kalimba

 

 

Cara memainkan alat music ini cukup mudah, hanya dengan memijit tuts yang terbuat dari lempengan logam dan berada di atas sebuah kayu berlubang. Suara yang keluar diperkuat oleh resonator dari pembuluh kayu tersebut, di dekat lempengan logam yang dekat dengan lubang kayu nada yang dihasilkan akan semakin rendah dan sebaliknya untuk menghasilkan nada tinggi. Kini di beberapa Negara mengembangkan alat music dari kalimba, beberapa diantaranya dibuat dari elektrik sehingga suara yang dihasilkan terdengar lebih harmonis dan kekuatan suaranya lebih keras. Kalimba dikenalkan di daratan Eropa sekitar tahun 1960-an.

2. Aquaggaswak

 

aquaggaswak

 

Alat music yang berikut ini memang unik, seunik namanya yang suit dieja yakni Aquaggaswak.  Alat music ini pertama kali dibuat oleh Curtis Settino dengan menggunakan alat rumah tangga yang sudah tidak dipakai lagi. Alat rumah tangga yang terbuat dari logam tersebut, digantung di atas rangka pipa logam dengan tujuan logam mudah mengantarkan suara dari music yang dipukul. Sesi pertama yang dibuat tahun 1996, alat music eksperimental ini dibuat dengan menyusun 18 buah tutup panci yang tidak memiliki bagian luar. Alat ini mengalami perbaikan dan mulai dibuat lagi pada tahun 1998, hasil perbaikan terlihat baik dengan suara lebih halus alat music kedua kalinya telah bertambah rentetan logamnya dari 18 menjadi 29 tutup panci. Dari segi nada menghasilkan suara lebih tinggi mencapai satu oktaf.

3. Hang Drum

 

hang drum

 

Alat nusik unik selanjutnya adalah Hang Drum. Alat music ini bukan saja unik karena suara yang dihasilkannya dan juga bentuknya yang lebih menyerupai wajan. Hung drum atau drum tangan terinspirasi dari seluruh alat music yang ada di dunia seperti gong, gamelan dan alat music yang berbahan logam lainnya. Hang drum tyerbuat dari 2 buah baja yang digabungkan hingga berbetuk seperti piring terbang. Masing-masing bagian disebut ding, dang, dung. Sisi ding berisi 7 samapi 9 nada, dan bidang ligamnya memiliki lingkaran di bagian tengah dan bulatan kecil ditengahnya. Jika ding diputar juga bisa menghasilkan suara seperti harmonica, kecapi dan lonceng, dengan sisi gong memiliki nada yang lebih berat seperti instrument yang dihasilkan dari drum.

4. Glass Harmonika

 

glass harmonika

Siapa sngaka ternyata kaca juga bisa menjadi alat music, seperti Glass Harmonika atau harmonica kaca ini yang terbuat dari bahan mangkuk berbagai ukuran. Alat music temuan musisi asal Irlandiaini  dimainkan dengan cara menggesekan jari pada kaca yang telah dibasahi terlebih dahulu, glas harmonica ditmukan oleh Benjamin Frankin. melalui instrument music dari gelas-gelas yang dialiri dari berbagai ukuran. Seperti halnya gelas harmonica yang  dikembangkan, apa yang dimainkan Benjamin dahulu disebut Fangquin Harmonika. Insrtumen Glass Harmonika sempat menghilang pada abad ke-18 karena diyakini suara yang keluar dari gelas tersebut membuat pmain yang yang mendegarkannya menjadi gila. Kini alat music ini disempurnakan dengan bentuk Glass Harmonika sehingga  bisa lebih mudah dimainkan.

5. Did Geridoo

 

did geridoo

 

Berikutnya adalah Did Geridoo. Alat music ini dikenal berasal daru suku Aborijin di Australia. Alat music ini dipercaya sebagai alat music tertua di dunia yang telah digunakan lebih dari 40 ribu tahun. Bentuk dari alat music ini terbilang lebih sederhana, bentuknya menyerupai pipa panjang dengan permukaan yang agak melengkung serta bagian ujung tepat udara dihembuskan biasanya cenderung lebih tipis daripada ujung lainnya. Bahan kayu yang digunakan biasanya kayu dari pohon ukaliptus yang tersebar di daerah Australia. Panjang alat music ini biasanya 1-2 meter tapi ada pula yang panjangnya hingga 3 meter. Biasanya pemilik alat music ini memperindah alatnya dengan menambahkan lukisan bergaya etnik.

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci: